Sunday, April 16, 2023

Musik dan lifestyle

Musik dan lifestyle

Musik punya peran dan pengaruh besar di kehidupan kita, folks!  Salah satu pengaruh terbesar dari music ya lewat fashion, yang udah kebukti banget sepanjang sejarah. Musik jadi salah satu cara buat orang berekspresi diri dan jadi bentuk seni yang emosional. Well, akhirnya trend ini dinikmati dan diikuti banyak orang.


Nggak jauh beda sama music, fashion di tiap periode waktu yang berbeda bisa ngungkapin lebih banyak budaya kita. Fashion dan musik saling terikat karena musik emang jadi metode buat nunjukkin individualitas, keyakinan politik, sampai ide yang akhirnya lebih dari sekadar hiburan yang diseragamkan. Yuk, simak gimana trend musik bisa sangat mempengaruhi fashion pada jamannya!


Flappers tahun 1920

Jazz di jaman sekarang emang berkelas banget, tapi di awal kemunculannya, jazz jadi musik pertama yang dimainkan hampir secara eksklusif di klub malam dan speakeasies yang menampung orang-orang dari semua ras. Musik jazz juga cenderung punya nada feminis yang dominan. Hal ini jadi pendorong banyak wanita mengubah perilaku dan gaya berpakaiannya menjadi gaya flapper fashion. Fashion ini mendobrak gaya tradisional dengan pilihan dress pendek dan ringan yang memudahkan para ladies berdansa sepanjang malam.


Teen Pop tahun 1950-an


Tau ga sih, folks? Remaja di tahun ini sangat mendambakan fashion yang dikenakan idola favorit mereka. Pasar remaja berkembang banget karena pengaruh musisi teen pop, salah satunya Elvis Presley, yang kita tahu banget se-hits apa gaya rambut dan berpakaiannya waktu itu. Karena itu, para desainer melihat peluang dari pasar remaja ini, dan lahirlah industri mode remaja. Remaja cewek kala itu mengenakan rok Panjang atau model kaku dengan kemeja super ketat atau sweater berpita. Remaja prianya cenderung memakai kemeja, dasi, dan celana panjang ketat dan rapi. Buat para rebel, mereka lebih memilih baju gelap berantakan yang bikin mereka kelihatan lebih rough.

 

Mods tahun 1960-an

Versi jazz yang lebih modern mulai berkembang dan melahirkan gerakan "modernis" di London tahun 1960-an. Selain itu, gaya musik ska, R&B, dan soul pun mulai popular, folks.


Mods mulai tersebar luas dari kaum muda pemuja mode dan kelas pekerja. "Mod" berasal dari kata "modern" yang mengacu pada Generasi Baby Boom di era kemakmuran Inggris pasca-Perang Dunia II. Fashion Mod cenderung ke androgini, dengan pilihan fashion sepatu hak tinggi unisex, potongan rambut butch, moccasins, dan mohair. Penganut mode ini sering berkeliling dengan skuter Vespa, dengan tujuan mengabarkan perubahan positif untuk kesetaraan gender dan ras.


Sampai saat ini, musik dan estetika gaya fashion Mod terus jadi sumber inspirasi berjiwa muda bagi para desainer papan atas.

 


 

 


Sources

  • https://www.universityoffashion.com/blog/a-timeline-of-musics-influence-over-fashion/
  • https://www.1920s-fashion-and-music.com/1920s-music.html
  • https://www.retrowaste.com/1950s/fashion-in-the-1950s/1950s-fashion-for-teens-styles-trends-pictures/
  • https://allthatsinteresting.com/the-mods
  • https://fashionhistory.fitnyc.edu/1950-1959/
  • https://www.huckmag.com/topics/mods/
  • https://recollections.biz/
  • retrowaste.com



Musik dan lifestyle
4/ 5
Oleh
Add Comments