Wednesday, May 17, 2023

Cara Memasukan Lagu ke Spotify

Cara Memasukan Lagu ke Spotify

Kita bisa memilih dan streaming million lagu di Spotify, tapi tahukah kamu, gimana cara musisi mengupload lagunya ke Spotify? apakah lewat publisher, apakah harus tergabung dengan label? dan gratis atau bayar? artikel ini menjawab pertanyaanmu yang ternyata prosesnya sangat mudah folk!.


1. Tidak Perlu Gabung ke Label

Untuk mendaftarkan lagu agar available di Spotify, kamu tidak perlu tergabung di record atau music label. Karena Spotify, Apple Music, YouTube Music, dll itu menerima distribusi musik dari Aggregator bukan dari label.


2. Publisher Bukan yang mem-publish Lagu ke Spotify

Perlu diingat, publisher bukan perusahaan yang mem-publish lagu ke music streaming platforms. Publisher adalah perusahaan penerbit musik untuk urusan lisensi, bukan berurusan dengan perilisan lagu ke Spotify.


3. Pilih Aggregator Musik Terpercaya dan Indonesia Based

Bekerjasama dengan Aggregator yang berbasis di Indonesia akan memudahkan kamu mendapatkan support yang memudahkan semua prosesnya termasuk cara upload sampai dengan penarikan royati. Aggregator yang memiliki website pusat bantuan dan team support adalah Netrilis, startup ini telah merilis ratusan ribu karya musik dan terus aktif melakukan pengembangan untuk mendukung industri musik digital.


4. Siapkan File & Metadata Sesuai Ketentuan Aggregator

Music Aggregator; Netrilis adalah pihak yang yang mewakili music platorms, mereka adalah quality control sesuai dengan syarat ketentuan yang diminta oleh Spotify, Apple Musi dll. Oleh karena itu, pastikan menyiapkan files dan metadata sesuai yang disampaikan oleh Netrilis:

  • Audio File: berformat WAV , 16-Bit, sample-rate 44.1khz
  • Artwork: Berformat png atau jpg dengan ukuran 3000px x 3000px
  • Metadata (info lagu) lengkap sampai dengan Nama Pencipta Lagu.
Kabar baiknya, rilis melalui Netrilis dilakukan secara online dan semudah seperti mengisi Google Form.

5. Optimasi Artist Profile di Spotify, Apple Music dan Platform Lainnya

Kamu bisa mengikut website dan social media dari music aggregator untuk mendapatkan info, tips dan tutorial untuk mengklaim verified Artist dan mengoptimasi Artist profilemu agar meningkatkan popularitas serta meningkatkan royalti.

Cara Memasukan Lagu ke Spotify
4/ 5
Oleh
Add Comments